MAKALAH dasar-dasr ekonomi bisnis

download lengkap makalah
ringkasan isi


BAB I
PENDAHULUAN

1. LATAR BELAKANG MASALAH
Peranan komunikasi dalam proses manajemen saat ini semakin meningkat. Sebagai manajer yang mengelola suatu organisasi,,maka diperlukan keterampilan komunikasi yang baik.
Seorang manajer ataupun seorang pekerja perlu memiliki keterampilan komunikasi, baik lisan, tertulis maupun nonverbal.
Keterampilan komunikasi yang harus dikuasai oleh manajer diantaranya:

• Memecahkan masalah dan mengambil keputusan
• Mengatasi konflik yang terjadi di dalam perusahaan
• Memanfaatkan hubungan masyarakat untuk meningkatkan kredibilitas
perusahaan
• Memotivasi pekerja.

2. RUMUSAN MASALAH
Masalah yang akan di bahas yaitu mengenai komunikasi bisnis, yang mencakup keterampilan komunikasi baik tertulis maupun lisan dalam mengelola perusahaan

3. TUJUAN PENULISAN
Tujuan dari penulisan makalah ini yaitu agar masyarakat luas dapat mengetahui sejauh mana peranan komunikasi bisnis bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan.







BAB II
PEMBAHASAN

2.1. PENGERTIAN KOMUNIKASI
Kata komunikasi berasal dari bahasa latin "communicare" yang berarti memberi, mengambil bagian atau meneruskan sehingga terjadi sesuatu yang umum (common), sama atau saling memahami. Dalam perkembangannya komunikasi kemudian didefinisikan sebagai transfer pesan antara dua orang atau lebih. Sedangkan simamora mendefinisikan komunikasi sebagai pengumpulan, pemilihan" pembentukan dan penyampaian symbol antara individu untuk menciptakan makna melalui suatu proses.
Proses komunikasi yang terjadi antara pengirim dan penerima dapat digambarkan sebagai berikut :



















Elemen komunikasi terdiri dari :

1. Sumber infomasi (source) adalah orang yang menyampaikan pesan.
2. Encoding adalah suatu proses dimana system pusat syaraf sumber informasi memerintahkan sumber informasi untuk memilih simbol- simbol yang dapat dimengerti yang dapat menggambarkan pesan.
3. Pesan ( Message ) adalah segala sesuatu yang memiliki makna bagi penerima. Pesan merupakan hasil akhir dari proses encoding. Pesan ini dapat berupa kata - kata ekspresi wajah, tekanan suara, dan penampilan.
4. Media adalah cara atau peralatan yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada penerima.
5. Decoding adalah proses dimana penerima pesan menginterpretasikan pesan yang diterimanya sesuai dengan pengetahuan minat dan kepentingannya.
6. Feedback ( Umpan balik ) adalah respon yang diberikan oleh penerima pesan kepada pengirim sebagai tanggapan atas informasi yang dikirim pesan.
7. Hambatan (noise ) adalah berbagai hal yang dapat membuat proses komunikasi tidak berjalan dengan efektif . Hambatan tersebut dapat berupa hambatan verbal, nonverbal, fisik atau lingkungan.

2.2. FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETETAPAN PESAN
Pihak yang terlibat dalam proses komunikasi ( communicator ) memiliki keterampilan yang beragam, misalnya sebagai penulis, pembicara pembaca, pendengar, pemikir atau pemecah masalah.

Ada beberapa faktor yang mempengatuhi ketepatan pesan antara lain :
1. Pengetahuan komunikator terhadap permasalahan yang dibicarakan.
2. Sikap dan perilaku pihak yang terlibat dalam proses komunikasi.
3. Iklim organisasi
4. Proses komunikasi
2.3. KARAKTERISTIK KOMUNIKASI
Ada beberapa karakteristik komunikasi yang melekat pada komunikasi.
Adapun karakteristik komunikasi menurut Penrose( 2004 ) adalah:

1. Komunikasi adalah proses yang dinamis. Apabila anda berbicara dengan seseorang maka anda akan terlibat dalam suatu aktivitas yang dapat mengubah perilaku. Mulai pada saat anda pertama kali mengeluarkan kalimat, maka hal ini akan berkesinambungan dan akan terjadi perubahannya yang akan melibatkan ekspresi wajah bahasa tubuh, isyarat,atau gerakan mata.
2. Komumikasi adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari dan tidak dapat diubah kembali.
3. Komunikasi bersifat proaktif. Komunikasi melibatkan seseorang secara total. Bagaimana kita memilih kata - kata atau bereaksi terhadap suatu kalimat akan dipengaruhi oleh keunikan pribadi kita
4. Komunikasi merupakan sesuatu yang interaktif, Komunikasi melibatkan pihak lain.

2.4. BENTUK DASAR KOMUINIKASI
Menurut bentuknya komunikasi dapat dikelompokkan menjadi komunikasi
nonverbal dan verbal.

Komunikrsi Nonverbal
Dibandingkan denagn komunikasi verbal, komunikasi nonverbal lebih tidak terstuktur, lebih sulit dipelajari, dan bersifat lebih spontan. Adapun beberapa kelebihan dari komunikasi nonverbal dibandingkan dengan komunikasi verbal yaitu:

• Lebih dapat dipercaya
• Lebih Efisien


Komunikasi verbal

Terdapat empat jenis komunikasi verbal yang selalu digunakan di limgkungan bisnis yaitu : berbicara, menulis, membaca dan mendengarkan. Suatu penelitian yang menggunakan kalangan bisnis sebagai respondennya.
Menunjukan bahwa kaum bisnis mmggunakan sebagian besar waktunya untuk mendengarkan (45%) dan berbicara (30%). Mereka menggunakan sisa waktunya untuk membaca (16%) dan menulis (9%) hasil penelitian juga mengindikasikan bahwa kalangan bisnis menggunakan tulisan dan bicara untuk mengirim pesan dan mendengarkan serta membaca untuk menerima pesan.
thumbnail
Judul: MAKALAH dasar-dasr ekonomi bisnis
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait bahan makalah, Makalah Ekonomi :

1 comments:

Silahkan Isi Komentar Anda, Tidak untuk Spaming!

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz